KUMPULAN RPP BIOLOGI SMA

BAB IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
Tujuan : Siswa dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup


I. Indikator
• Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
• Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup

II. Materi Ajar
• Pengertian Biologi sebagai ilmu
• Ciri-ciri makhluk hidup

III. Model pembelajaran
• Problem based instruction (PBI)

IV. Metode Pembelajaran
• Pengamatan-diskusi

V. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (1 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (5 menit)
• Guru menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.
• Siswa diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.
B. Kegiatan inti (30 menit)
• Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup.
• Siswa mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati.
• Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi

VI. Alat/Bahan/Sumber
• Buku Kerja Biologi IA, Esis
• Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
• Berbagai makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah

VII. Penilaian
• Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.2)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 2 - 3
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma
Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi ilmu biologi



I. Indikator
• Menarik kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan
• Menggambar model struktur keilmuan biologi berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan
• Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi
• Membuat makalah tentang struktur keilmuan, perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi

II. Materi Ajar
• Tiga aspek keilmuan biologi meliputi:
1. Objek
2. Permasalahan
3. Tingkat organisasi
• Cabang-cabang ilmu biologi dapat di analisis berdasarkan “kue biologi”

III.Model pembelajaran
• Problem based instruction (PBI)

IV.Metode Pembelajaran
• Pengamatan – Diskusi–Penugasan

V.Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi.
• Siswa mengidentifikasi kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai obyek biologi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai kelompok makhluk hidup hidup
• Guru bersama dengan siswa mengidentifikasi berbagai tingkat organisasi kehidupan pada objek biologi.
• Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai permasalahan dalam biologi.
• Guru bersama siswa membuat gambar struktur keilmuan biologi berdasarkan aspek objek, tingkat organisasi, dan permasalahan biologi.


C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru bersama dengan siswa menyimpulkan struktur keilmuan biologi.
• Guru minta siswa untuk mengidentifikasi beberapa cabang ilmu biologi dan struktur keilmuaannya.

Pertemuan 3 (1 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan beberapa objek, tingkat organisasi. dan permasalahan pada beberapa cabang ilmu biologi yang sudah berhasil diidentifikasi siswa.
B. Kegiatan inti (25 menit)
• Guru mendiskusikan beberapa cabang ilmu biologi beserta perkembangan ilmu dan prospeknya di masa depan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi dan membuat makalah tentang satu cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya di masa depan.

VI.Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku Kerja Biologi IA, Esis
• Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
• Informasi tentang berbagai cabang ilmu biologi dari berbagai sumber, misalnya, koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet

VII.Penilaian
• Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.1)
• Hasil makalah tentang cabang ilmu biologi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 4
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
Tujuan : Siswa dapat memahami ciri-ciri virus, struktur tubuh virus, dan peran virus bagi manusia



I. Indikator
• Menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis
• Mendeskripsikan ciri-ciri virus
• Membandingkan ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan
• Menggambar skema reproduksi virus
• Mengidentifikasi peran virus bagi manusia
• Membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya

II. Materi Ajar
• Prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup
• Ciri-ciri virus meliputi:
1. Ciri benda mati virus
2. Ciri hidup virus
• Struktur tubuh virus
• Cara reproduksi virus
• Peran virus bagi manusia meliputi:
1. Peran yang menguntungkan
2. Peran yang merugikan

III.Model pembelajaran
• Problem based instruction (PBI)

IV.Metode Pembelajaran
• Diskusi-Penugasan

V.Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (15 menit)
• Guru bersama siswa mendiskusikan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup.
• Guru bersama siswa mendiskusikan klasifikasi makhluk hidup pada tingkat Kingdom.
B. Kegiatan inti (65 menit)
• Guru menanyakan sejarah penemuan virus.
• Guru bersama siswa menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis.
• Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri dan struktur tubuh virus.
• Siswa menyimpulkan perbedaan ciri virus dengan makhluk hidup lain (kegiatan 3.1).
• Guru bersama siswa menggambar skema reproduksi virus.
• Guru bersama siswa mendiskusikan peran virus bagi manusia.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri dan struktur tubuh virus.
• Guru menugaskan siswa untuk membuat kajian tertulis tentang virus dan penyakit yang disebabkannya.
Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.

VI.Alat/Bahan/Sumber
• Buku Kerja Biologi IA, Esis
• Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab II dan III
• Foto ultramikroskopis virus
• Berbagai informasi tentang penyakit yang disebabkan virus

VII.Penilaian
• Uji kompetensi tertulis
• Hasil kajian tentang peran virus dan kajian tentang virus


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 5 dan 6
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu memahami prokariot yang meliputi struktur, fungsi tubuh, klasifikasi, dan peranan Eubacteria dan Archaeobacteria



I. Indikator
• Menjelaskan pengertian prokariotik
• Menggambarkan berbagai bentuk sel dan koloni Eubaeteria
• Memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri
• Membedakan struktur Eubakteria dan Archeobacteria
• Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia

II. Materi Ajar
• Pengertian prokariot
• Ciri-ciri Eubacteria
1. Bentuk sel dan kloloni Eubacteria
2. Sturktur sel Eubacteria
3. Cara hidup Eubacteria
4. reproduksi bakteri
• Klasifikasi Eubacteria
• Perbedaan Archaeobacteria dan Eubacteria
• Contoh-corntoh Archaeobacteria
• Peranan bakteri bagi manusia

III.Model pembelajaran
• Problem based instruction (PBI)

IV.Metode Pembelajaran
• Diskusi-Penugasan-Pengamatan

V.Langkah Langkah Pembelajaran

Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan beberapa makanan yang melibatkan bakteri dalam pembuatannya.
• Guru bersama siswa menyimpulkan arti penting bakteri bagi manusia.
B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan bakteri dengan menggunakan Kegiatan 4.1 dan 4.2.
• Siswa menyiapkan alat dan bahan, dan melakukan pengamatan struktur bakteri.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa mengembalikan alat dan bahan pengamatan.
• Siswa menyusun laporan hasil pengamatan.
• Siswa mengumpulkan laporan.

Pertemuan 6 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (15 menit)
• Guru menanyakan kembali hasil pengamatan bakteri.
• Guru dan siswa mendiskusikan ciri umum prokariot.
• Guru dan siswa mendiskusikan kelompok dalam prokariot.
B. Kegiatan inti (65 menit)
• Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai bentuk sel dan koloni Eubakteri.
• Guru bersama siswa mendiskusikan struktur dan fungsi sel bakteri.
• Guru bersama siswa mendiskusikan berbagai contoh Eubakteria.
• Guru bersama siswa mendiskusikan perbedaan Eubakteria dan Archaebacteria.
• Guru bersama siswa mendiskusikan peranan bakteri bagi manusia.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru menugaskan siswa melakukan praktek pembuatan yoghurt dengan menggunakan kegiatan 4.4 sebagai Kegiatan mandiri di rumah.

VI. Alat/Bahan/Sumber
• Buku kerja Biologi 1A, Esis
• Buku Biologi , SMA Kelas X, Esis, Bab IV
• Biakan bakteri
• Air kolam
• Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup

VII. Penilaian
• Laporan hasil pengamatan bakteri
• Uji kompetensi tertulis


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 7 dan 8
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista dan peranannya bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri Protista, mengklasifikasikan Protista, peranan Protista bagi manusia



I. Indikator
• Mendeskripsikan ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan,menyerupai tumbuhan dan menyerupai jamur.
• Mengelompokkan contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
• Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia.

II. Materi Ajar
• Ciri-ciri Protista meliputi:
1. Protista yang meyerupai tumbuhan
2. Protista yang menyerupai hewan
3. Protista yang menyerupai jamur
• Peranan protista bagi manusia meliputi:
1. Peranan yang menguntungkan
2. Peranan yang merugikan

III.Model pembelajaran
• Problem based instruction (PBI)

IV.Metode Pembelajaran
• Diskusi - Penugasan - Pengamatan

V.Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan kembali kepada siswa ciri-ciri prokariot.
• Guru mendiskusikan makhluk hidup satu sel lainnya yang mempunyai ciri berbeda dengan prokariot.
B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan Protista dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
• Siswa melakukan pengamatan makroskopis maupun mikroskopis Protista.
• Siswa menggambar hasil pengamatan.
• Siswa membuat laporan hasil pengamatan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri Protista.
• Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.


Pertemuan 8 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan kembali ciri-ciri umum Protista.
B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi Protista.
• Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
• Siswa mendeskripsikan contoh-contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru menugaskan siswa untuk membuat kajian tentang Protista dengan menggunakan Kegiatan 5.3.

VI. Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku kerja Biologi 1A, Esis
• Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab V
• Air kolam
• Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup
• Berbagai informasi tentang Protista dari berbagai sumber (koran, majalah, buku, atau internet)

VII.Penilaian
• Laporan hasil pengamatan Protista
• Makalah kajian Protista
• Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 9 dan 10
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri jamur, mengklasifikasikan jamur, dan peranan jamur bagi manusia



I. Indikator
• Mendeskripsikan ciri-ciri jamur
• Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan
• Membedakan spora aseksual dan seksual
• Memberikan alasan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam klasifikasinya
• Membuat produk makanan yang menggunakan jamur

II. Materi Ajar
• Ciri-ciri jamur meliputi:
1. Ciri struktur
2. Cara hidup
• Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi:
1. Spora aseksual
2. Spora seksual
• Klasifikasi jamur
• Peranan jamur bagi manusia
• Proses produksi yang memanfaatkan jamur

III.Model pembelajaran
• Problem based instruction (PBI)

IV.Metode Pembelajaran
• Diskusi – Pengamatan – Penugasan

V.Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan beberapa jenis jamur yang sudah dikenal siswa.
• Guru bersama siswa mendiskusikan ciri jamur berdasarkan contoh jamur yang dikenal siswa.
B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk mengamati jamur yang dibawa siswa dengan menggunakan Kegiatan 6.1.
• Siswa mengamati jamur baik dan menggambarkan hasil pengamatan.
• Siswa membuat laporan hasil pengamatan.


C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri jamur berdasarkan hasil pengamatan.
• Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan siswa.

Pertemuan 10 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
Guru menanyakan kembali ciri-ciri umum jamur.
B. Kegiatan Inti (70 menit)
• Guru bersama siswa mendiskusikan struktur tubuh jamur.
• Guru bersama siswa mendiskusikan cara hidup jamur.
• Guru bersama siswa mendiskusikan cara reproduksi jamur.
• Guru bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi jamur dan contoh masing-masing divisi.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru menyimpulkan ciri-ciri, cara hidup, dan klasifikasi jamur.
• Guru menugaskan siswa untuk membuat produk makanan yang menggunakan jamur, misalnya tempe dan tape dengan menggunakan Kegiatan 6.2.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku kerja Biologi 1A, Esis
• Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VI
• Berbagai jamur yang bisa dijumpai di sekitar siswa
• Bahan-bahan pembuat tempe atau tape

VI. Penilaian
• Laporan hasil pengamatan jamur
• Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
Tujuan



I. Indikator
• Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati
• Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
• Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan.

II. Materi Ajar
C. Keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem

III.Model pembelajaran
• Problem based instruction (PBI

IV.Metode Pembelajaran
• Pengamatan – Diskusi

V.Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)

i. Kegiatan awal (10 menit)
1. Guru mendiskusikan adanya gejala keanekaragaman yang dijumpai siswa di lingkungan sekitar.
2. Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
ii. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru meminta siswa untuk mengamati keanekaragaman hayati dengan menggunakan Kegiatan 7.1.
• Siswa mengamati keanekaragaman hayati.
• Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dan menyusun laporan
• Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati
iii. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa mengumpulkan laporan hasil kerja siswa

VI.Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku kerja Biologi 1A, Esis
• Buku Biologi, SMA kelas X, Esis, Bab VII
• Berbagai makhluk hidup yang ada di sekitar sekolah

VII.Penilaian
• Laporan hasil pengamatan
• Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 2
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
Tujuan : Siswa dapat menjelaskan karakteristik keanekaragaman hayati Indonesia, manfaat, dan cara melestarikannya


I. Indikator
• Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
• Mendiskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
• Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia.
• Memberikan alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati.
• Membedakan pelestarian In situ dan ex situ.

II. Materi Ajar
D. Pembagian daerah flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan
E. Pembagian daerah fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber
F. Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
1. Hutan hujan tropis
2. Hutan musim
3. Sabana
4. Stepa
G. Berbagai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.
H. Konservasi (perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ

III. Model pembelajaran
• Problem based instruction (PBI)

IV.Metode Pembelajaran
• Diskusi – Penugasan

V. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan kembali pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati.
B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan.
• Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace.
• Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia.
• Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati.
• Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman hayati.
• Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping tentang organisme khas daerah dengan menggunakan Kegiatan 7.4. Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang keanekaragaman hayati Indonesia.

VI.Alat/ Bahan/ Sumber
a. Buku kerja Biologi 1A, Esis
b. Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VII
c. Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas suatu daerah

VII.Penilaian
• Kliping tentang berbagai makluk hidup khas daerah
• Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 3 dan 4
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia
Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan lumut bagi manusia



I. Indikator
• Mendiskripsikan ciri umum dunia tumbuhan
• Menyusun klasifikasi dunia tumbuhan
• Mendeskripsikan ciri-ciri umum tumbuhan lumut (Bryophyta)
• Menggambar struktur tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan
• Menggambar siklus hidup tumbuhan lumut
• Mengumpulkan informasi tentang peranan lumut bagi manusia

II. Materi Ajar
I. Ciri umum dunia tumbuhan
J. Klasifikasi tumbuhan
K. Ciri-ciri dan struktur tubuh tumbuhan lumut (Bryophyta)
L. Klasifikasi tumbuhan lumut (Bryophyta)
M. Siklus hidup tumbuhan lumut (Bryophyta)
N. Peranan Bryophyta bagi manusia

III.Model pembelajaran
• Problem based instruction (PBI)

IV.Metode Pembelajaran
• Pengamatan – Diskusi

V.Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 3 (2 jam pelajaran)

i. Kegiatan awal (10 menit)
1. Guru bersama siswa berdiskusi tentang dunia tumbuhan (Plantae).
2. Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
3. Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat lumut (atau guru bersama siswa menyiapkan lumut segar).
4. Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan lumut dengan menggunakan Kegiatan 8.1.
ii. Kegiatan inti (70 menit)
• Siswa mengamati tumbuhan lumut secara berkelompok.
• Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan lumut.
iii. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
• Guru meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.

Pertemuan 4 (1 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (5 menit)
• Guru memberi komentar umum laporan hasil kegiatan pengamatan sebelumnya.
B. Kegiatan inti (35 menit)
• Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan.
• Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan lumut.
• Guru bersama siswa mendiskusikan peranan lumut bagi manusia.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
• Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang ciri umum tumbuhan lumut.

VI.Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku Kerja Biologi IB, Esis
• Buku Biologi SMA I kelas X, Esis, Bab VIII
• Spesimen tumbuhan lumut
• Loupe

VII.Penilaian
• Laporan hasil pengamatan
• Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 5 dan 6
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam Dunia
Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup dan peranan tumbuhan paku bagi manusia



I. Indikator
• Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta)
• Mengklasifikasikan tumbuhan paku (Pteridophyta)
• Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan
• Menggambar siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
• Mengumpulkan informasi tentang peranan paku (Pteridophyta) bagi manusia

II. Materi Ajar
O. Ciri-ciri tumbuhan paku (Pteridophyta)
P. Klasifikasi tumbuhan paku (Pteridophyta)
Q. Struktur tubuh tumbuhan paku (Pteridophyta)
R. Siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
S. Peranan tumbuhan paku (Pteridophyta) bagi manusia

III.Model pembelajaran
• Problem based instruction (PBI)

IV.Metode Pembelajaran
• Pengamatan – Diskusi

V.Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)

i. Kegiatan awal (10 menit)
1. Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
2. Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat paku (atau guru bersama siswa menyiapkan berbagai contoh paku).
3. Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan dengan dengan menggunakan Kegiatan 8.2.
ii. Kegiatan inti (70 menit)
• Siswa mengamati tumbuhan paku secara berkelompok.
• Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan paku.
iii. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
• Guru meyimpulkan ciri-ciri tumbuhan paku berdasarkan hasil pengamatan.


Pertemuan 6 (1 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal
• Guru menanyakan kembali ciri-ciri tumbuhan paku.
B. Kegiatan Inti
• Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan paku.
• Guru bersama siswa mendiskusikan peranan tumbuhan paku bagi manusia.
C. Kegiatan Akhir
• Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil diskusi.

VI.Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku Kerja Biologi IB, Esis
• Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VIII
• Spesimen tumbuhan paku
• Loupe

VII.Penilaian
• Laporan hasil pengamatan
• Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 7
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia
Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia



I. Indikator
• Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta)
• Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji (spermatophyta)
• Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga
• Menentukan nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji (spermathophyta)
• Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia

II. Materi Ajar
T. Ciri-ciri tumbuhan berbji (Spermatophyta)
U. Klasifikasi tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
V. Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
W. Peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia

III.Model pembelajaran
• Problem based instruction (PBI)

IV.Metode Pembelajaran
• Pengamatan – Diskusi

V.Langkah -Langkah Pembelajaran

Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)

i. Kegiatan awal (10 menit)
1. Guru meminta siswa menjelaskan jenis tumbuhan lain yang belum dibahas.
2. Guru meminta beberapa contoh tumbuhan yang dekat dengan siswa.
ii. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru meminta siswa untuk mengungkapkan ciri-ciri tumbuhan berbiji berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
• Guru bersama dengan siswa mendiskusikan klasifikasi tumbuhan berbiji.
• Siswa mengelompokkan beberapa tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri masing-masing kelompok.
• Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai peranan tumbuhan berbiji bagi manusia.
iii. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.


VI.Alat / Bahan/ Sumber
• Buku Kerja Biologi, Esis
• Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VIII
• Spesimen tumbuhan berbiji
• Loupe

VII.Penilaian
• Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 9 dan 10
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri hewan dan membandingkan ciri-ciri masing-masing filum Dunia Hewan



I. Indikator
• Mendeskripsikan ciri umum dunia hewan
• Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan
• Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
• Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan

II. Materi Ajar
X. Ciri umum dunia hewan
Y. Dasar klasifikasi dunia hewan
Z. Klasifikasi dunia hewan

III.Model pembelajaran
• Problem based instruction (PBI)

IV.Metode Pembelajaran
• Pengamatan – Diskusi

V.Langkah Langkah Pembelajaran

Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)

i. Kegiatan awal (10 menit)
1. Guru meminta siswa membandingkan ciri dunia hewan dan tumbuhan.
ii. Kegiatan inti (75 menit)
1. Guru dan siswa mendiskusikan klasifikasi dunia hewan.
2. Siswa mengumpulkan informasi dari buku dan menyusun perbandingan ciri-ciri masing-masing filum hewan dalam sebuah tabel.
iii. Kegiatan akhir (5 menit)
• Siswa mengumpulkan tabel hasil perbandingan.
• Guru menyimpulkan ciri umum dunia hewan.

Pertemuan 10 (2 X 45 menit)

A. Kegiatan awal
• Guru meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya dan mempersiapkan alat dan bahan pengamatan arthropoda
B. Kegiatan Inti
• Siswa mengamati contoh hewan arthropoda dengan menggunakan kegiatan 9.1
• Siswa mencatat hasil pengamatan
• Siswa membersihkan alat dan bahan, dan mengembalikan ke tempat semula
• Siswa menyusun laporan.
C. Kegiatan Akhir
• Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil pengamatan.
• Siswa mengumpulkan laporan pengamatan.

VI.Alat / Bahan/ Sumber
• Buku Kerja Biologi IB, Esis
• Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab IX
• Belalang, laba-laba, udang dan lipan/kelabang
• Loupe

VII.Penilaian
• Laporan hasil pengamatan
• Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 11 dan 12
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar : 4.1 Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ruang lingkup ekologi, interaksi yan terjadi dalam ekosistem, perjalanan energi, dan materi dalam ekosistem



I. Indikator
• Mendefinisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
• Membedakan pengunaan istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
• Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
• Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi, dan daur energi
• Mengambarkan bagan/skema daur biogeokimia

II. Materi Ajar
Å. Pengertian ekologi sebagai ilmu
Ä. Ekosistem dan komponen penyusunnya
Ö. Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fungsinya
AA. Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem
BB. Berbagai interaksi dalam ekosistem
CC. Rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi
DD. Aliran energi dan siklus materi dalam ekosistem
EE. Daur biogeokimia

III.Model pembelajaran
• Problem based instruction (PBI)

IV.Metode Pembelajaran
• Pengamatan – Diskusi

V.Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)

i. Kegiatan awal (10 menit)
1. Guru meminta siswa untuk menunjukkan adanya interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
2. Guru bersama siswa mendiskusikan ruang lingkup ekologi.
3. Guru membagi kelas menjadi enam kelompok.


ii. Kegiatan inti (70 menit)
1. Guru meminta siswa mengamati komponen abiotik dalam ekosistem dengan menggunakan Kegiatan 10.1.
2. Guru dan siswa mendiskusikan komponen ekosistem.
3. Guru dan siswa mendiskusikan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
iii. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru bersama siswa menyimpulkan pengertian eksosistem dan komponen-komponennya.
• Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.

Pertemuan 12 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menunjukkan interaksi yang paling menonjol adalah aktivitas makan.
B. Kegiatan Inti (70 menit)
• Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi beberapa rantai makanan yang terjadi dalam ekosistem.
• Siswa menggambar rantai-antai makanan tersebut, sehingga akan membentuk jaring-jaring makanan.
• Siswa menggambar piramida ekologi berdasarkan jaring-jaring makanan.
• Siswa mendeskripsikan perjalanan energi dan materi dalam ekosistem serta daur biogeokimia.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang rantai makanan, perjalanan energi dan materi dalam ekosistem, serta daur biogeokimia.

VI.Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku Kerja Biologi IB, Esis
• Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab X
• Ekosistem yang ada di sekitar sekolah

VII.Penilaian
• Laporan hasil pengamatan
• Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 13 dan 14
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar : 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
4.3 Menganaisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
4.4 Membuat produk dau ulang limbah
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah lingkungan dan pelestarian lingkungan



I. Indikator
• Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
• Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
• Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
• Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
• Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
• Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan
• Mengetahui penanganan limbah dengan cara daur ulang

II. Materi Ajar
FF. Keseimbangan lingkungan
GG. Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan
HH. Beberapa bahan pencemara dan dampaknya
II. Upaya pencegahan pencemaran lingkungan
JJ. Penanganan limbah dengan cara daur ulang

III.Model pembelajaran
• Problem based instruction (PBI)

IV.Metode Pembelajarn
• Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

V.Langkah Langkah pembelajaran

Pertemuan 13 (2 jam pelajaran)

i. Kegiatan awal (10 menit)
1. Guru meminta siswa menunjukkan beberapa aktivitas manusia dan mengetahui tujuan dari aktivitas tersebut.
2. Guru dan siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.
ii. Kegiatan inti (70 menit)
1. Guru bersama siswa mengidentifikasi sistem keseimbangan dalam lingkungan.
2. Guru bersama siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
3. Guru bersama siswa mendefinisikan pengertian pencemaran lingkungan.
4. Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai pencemaran lingkungan, sebab, dan dampaknya.
iii. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru menyimpulkan pencemaran lingkungan sebab dan dampaknya.

Pertemuan 14 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru meminta siswa berkelompok sesuai dengan kelompoknya.
• Guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat dan bahan untuk eksperimen dengan menggunakan Kegiatan 11.1 atau 11.2.
B Kegiatan inti (65 menit)
• Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk eksperimen.
• Siswa membuat perlakuan eksperimen.
• Siswa melakukan pengamatan.
• Siswa menyusun laporan hasil pengamatan lalu mengumpulkan.
C. Kegiatan akhir (15 menit)
• Guru menyimpulkan hasil kegiatan eksperimen
• Guru bersama siswa mendiskripsikan penanganan limbah dengan cara daur ulang dan produk-produk hasil daur ulang limbah.
• Guru menugaskan siswa untuk membuat kertas daur ulang di rumah dengan menggunakan Kegiatan 11.3.

VI.Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku Kerja Biologi IB, Esis
• Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab XI
• Beberapa aktivitas manusia
• Bahan untuk daur ulang kertas

VII. Penilaian
• Laporan hasil eksperimen
• Uji kompetensi tertulis

0 komentar: